Monday, January 5, 2009

Krionika, Teknologi Membangkitan Manusia Dari Kematian

Krionika adalah teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali.

Dan taukah kamu, krionika juga muncul dalam film lho, seperti Vanila Sky (2001), Sleeper (1973) dan 2001 A Space Odyssey (1968). Gagasan dibalik krionika adalah jika seseorang mati akibat penyakit yang dideritanya, dapat dibekukan untuk kemudian dibangkitkan kembali di masa depan saat teknologi pengobatan sudah dapat menyembuhkan penyakitnya itu. Seseorang yang sudah diawetkan sedemikian rupa dikatakan berada dalam keadaan suspensi krinika.

Ingatkah kamu tentang cerita di mana orang jatuh ke dalam sebuah danau es dan terendam hampir selama 1 jam sebelum akhirnya diselamatkan. Mereka yang selamat dapat bertahan hidup sedemikian rupa karena air es menyebabkan raga mereka dalam keadaan semacam mati suri dengan memperlambat metabolisme tubuh dan fungsi otak mereka hampir tidak membutuhkan oksigen. Ini merupakan teknologi yang mendasari krionika untuk dipahami.

Nha lho... percaya gak? Klo gw sich gak percaya, bagaimanapun klo orang sudah mati, klo nyawa sudah dicabut, gak bakal bisa hidup lagi meski udah diawetin dengan suhu yang dingin misalnya, soalnya ikan mati yang gw simpan di freezer juga gak bisa hidup lagi, he..., tapi mungkin aja bisa beda klo statusnya masih mati suri atao mungkin cuma koma.

No comments:

Post a Comment